Minggu, 21 Juni 2009

Dukung Pulau Komodo

Menanti Pulau Komodo Masuk Tujuh Keajaiban Alam di Dunia

Pulau Komodo

Telah terpilih 261 nominasi calon predikat “Tujuh keajaiban Dunia Baru” dan voting sedang dilanjutkan kembali dengan memilih 77 calon nominasi lagi. Setelah itu, diciutkan lagi menjadi 12 calon nominasi yang kemudian akhirnya terpilih 7 Keajaiban Dunia Baru. Indonesia yang pada awalnya memiliki 3 nominasi (Danau Toba, Gunung Krakatau, dan Pulau Komodo) sekarang tinggal menyisakan 1 calon saja, yaitu Pulau Komodo.

Sesuai dengan namanya, Pulau Komodo adalah sebuah pulau yang dikenal sebagai habitat asli hewan komodo (Varanus komodoensis), oleh penduduk setempat, hewan ini disebut Ora. Hingga kini, hewan komodo menjadi kebanggaan karena menjadi sumber pendapatan penduduk lokal dari para wisatawan yang berkunjung ke pulau yang berpenduduk kurang lebih 4.000 jiwa ini.

Pulau Komodo

Di pulau ini, wisatawan dapat melihat hewan komodo yang merupakan spesies kadal terbesar di dunia dengan rata-rata panjang tubuhnya mencapai hingga 3,13 meter dan beratnya mencapai 165 kg. Wisatawan juga dapat menyaksikan berbagai aktivitas hewan langka ini, seperti perkawinan komodo yang terjadi antara bulan Mei hingga Agustus; komodo tengah menyantap rusa, kambing, babi dan menyaksikan komodo berjemur di jalanan dan di cabang pepohonan pada pagi hari.

Untuk melindungi komodo dari kepunahan, maka pada tahun 1980 pemerintah menjadikan Pulau Komodo sebagai Taman Nasional Komodo. Enam tahun kemudian, yakni tahun 1986, taman nasional ini diterima sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Taman nasional ini terdiri atas dua pulau besar, yakni Pulau Rinca dan Padar, yang dikelilingi oleh beberapa pulau kecil. Total luas wilayah daratan taman nasional ini mencapai 1.817 km².

Pulau Komodo merupakan pulau yang terletak di ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur, berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Sebagai aset pariwisata Indonesia yang sangat berharga, mari kita dukung Pulau Komodo sebagai salah satu calon 7 Keajaiban Dunia yang baru. Jadikan Pulau Komodo menjadi ikon baru Indonesia dalam dunia pariwisata setelah Candi Borobudur lengser dari 7 Keajaiban Baru yang terdahulu. Karena pemilihan ini adalah murni voting secara online, seharusnya pemerintah Indonesia memanfaatkan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 220 juta penduduk ini untuk memilih secara online. Pemerintah Indonesia seharusnya bisa mencontoh pemerintah Brazil yang memberikan akses internet gratis kepada penduduknya selama periode pemilihan 7 Keajaiban Dunia Baru guna mendukung salah satu calon yang dimiliki Brazil, yaitu Patung Jesus di Rio de janeiro. Bahkan, mungkin saja, karena strategi tersebut, bukan hal yang mustahil bagi Patung Jesus (Brazil) berhasil menembus peringkat 7 besar Keajaiban Dunia.

dukung sekarang Pulau Komodo : http://www.new7wonders.com/nature/en/vote_on_nominees


http://bangsanegara.web.id


Tidak ada komentar:

Posting Komentar